Thursday 3 September 2015

Cara memperbaiki Magic com

Semua orang pasti sudah familiar dengan Magic com, yaitu alat untuk memasak dan menghangatkan nasi. Kalau dulu ada yang namanya magic jar yang hanya berfungsi untuk menghangatkan nasi saja, kemudian ada rice cooker yang hanya memasak saja. Namun sekarang sudah bisa digunakan untuk memasak sekaligus menghangatkan, sehingga disebut magic com. Harganya pun cukup bervariasi mulai dari 100 ribuan hingga 500 ribu. Mulai dari yang ukuran mini hingga yang besar dengan berbagai merk, misalnya Miyako, National, Cosmos, Yongma, dan sebagainya.
Pada kesempatan kali ini saya akan share tips memperbaiki magic com yang rusak, meski pada dasarnya komponen didalamnya hanya elemen, saklar dan otomatis saja. Namun jika belum pernah membongkarnya, pasti akan kesulitan saat memperbaikinya.

Jenis kerusakan Magic com dan cara mereparasinya.

1. Magic com rusak mati total
Kerusakan ini bisa jadi yang terparah atau bahkan yang termudah. Untuk memperbaikinya adalah dengan mengecek dahulu kabel steker dengan multimeter. Jika masih bagus selanjutnya kita cek bagian thermofuse, caranya juga sama dengan mengecek kabel steker. Jika sudah ditemukan kerusakannya selanjutnya adalah menggantinya dengan yang masih bagus.
Thermofuse
2. Magic com Tidak bisa Panas
Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena saklar tidak berfungsi dan Elemen pemanas yang putus. Perlu kita ketahui bahwa didalamnya ada 1 Elemen pemanas dan 2 buah elemen penghangat. Jadi jika elemen pemanas rusak, Magic com tidak bisa digunakan untuk memasak, namun masih bisa untuk menghangatkan. Begitu juga sebaliknya. Untuk mereparasinya, tentu harus kita ganti dengan yang baru pada bagian yang rusak. Selain itu ada juga yang disebabkan karena per tidak berfungsi dengan baik sehingga saat kita taruh panci didalamnya saklar tidak terpencet.

3. Magic com tidak bisa njeglek otomatis.
Biasanya hal ini disebabkan karena otomatis sudah rusak atau saklar tidak berfungsi dengan baik. Untuk memperbaikinya tentu harus kita ganti otomatis magic com atau biasa disebut thermostat. Jika saklar rusak tentu harus diganti juga. Selain itu bisa juga disebabkan Led Panel tidak berfungsi.
4. Nasi mudah basi, meski baru dimasak.
Mengenai hal ini biasanya karena elemen penghangat rusak pada bagian tutup atau di bagian samping. Namun tidak menutup kemungkinan ada kabel yang putus pada element, untuk mengecek elemen yang putus bisa dengan menggunakan multimeter pada skala ohm. 
5. Nasi mudah kering.
Hal ini bisa disebabkan oleh bocornya tutup magic com atau bisa juga karena thermostat tidak bekerja dengan baik.
Cukup simpelkan?, karena pada dasarnya komponen pada magic com tidak banyak, jadi kerusakan biasanya ya cuma itu - itu saja. Yang penting kita harus teliti dan hati-hati saat mereparasinya.

Pilih Bahasa

Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Gabung Segera

Jasa Service

Jasa Service

Jumlah Pengunjung

Sukry. Powered by Blogger.