Thursday 3 September 2015

Cara memperbaiki setrika

Memperbaiki Setrika listrik sebenarnya sangat mudah, karena komponen didalamnya hanyalah sebuah selector, thermostat dan elemen pemanas. Jadi jika mengelami kerusakan, yang kita periksa juga bagian itu saja. Namun jika kita belum pernah mereparasinya, hal ini tentu akan membuat kita ragu dan kuatir jangan-jangan bisa tambah parah. Padahal kalau kita mau membongkarnya, maka kita hanya akan melihat besi-besi penghantar yang saling terkait saja.
Baiklah langsung saja kita mulai dengan jenis kerusakan yang sering terjadi pada setrika listrik ini.
1. Setrika rusak mati total
Hal ini biasanya disebabkan karena tidak adanya arus listrik yang masuk ke setrika, Maka untuk pengecekannya adalah dengan mengukur kabel steker dengan multimeter skala ohm, periksa apakah kabel masih bagus atau sudah ada yang putus. Selanjutnya kita cek ke bagian terminal dan penghantar yang terhubung kebagian elemen pemanas. Info pengukuran lihat pada Cara mengecek letak kabel putus. Jika kita sudah menemukan bagian yang rusak kita tinggal menggantinya saja. Misalnya jika kabel steker putus maka kita belikan yang baru, dengan tipe yang sama. 
Setrika listrik merk philips
2. Setrika Tidak bisa panas
Saat setrika dicolokkan, lampu mau hidup tetapi setrika tidak mau panas, hal ini berarti arus sudah masuk ke kabel steker. Jadi kemungkinan penyebabnya adalah adanya jalur penghubung yang sudah berkarat atau elemen yang putus. Untuk itu perlu kita cek dengan multimeter, mengenai caranya masih sama dengan mengecek kabel steker sebelumnya, yaitu selector pada skala ohm, Jika jarum bergerak jauh kekanan berarti elemen masih bagus, begitu juga sebaliknya. Namun adakalanya juga setrika cuma hangat saja dan tidak mau panas, meski diukur elemen masih kelihatan baik.
mengukur elemen
3. Setrika kadang hidup, kadang tidak
Hal ini bisa disebabkan adanya steker yang setengah putus atau tersambung, mungkin juga baut terminal yang longgar, besi penghantar yang yang kurang pas, atau selector yang mulai rusak. Sehingga menyebabkan kadang arus bisa masuk kadang juga tidak.

4. Setrika Nyetrum
Jika demikian kemungkinan besar jalur fasa menyentuh body setrika. Untuk itu coba cek dengan multimeter antara steker dengan body adakah yang terjadi konslet atau hubung singkat, jika iya tinggal kita bongkar saja dan di tata ulang besi penghantarnya biar tidak menyentuh body setrika.
Mungkin itu saja jenis kerusakan yang sering terjadi pada setrika listrik. Yang jelas jika kita mau teliti memeriksanya, kemungkinan besar masalah bisa teratasi. Semoga berhasil.

Cara memperbaiki Magic com

Semua orang pasti sudah familiar dengan Magic com, yaitu alat untuk memasak dan menghangatkan nasi. Kalau dulu ada yang namanya magic jar yang hanya berfungsi untuk menghangatkan nasi saja, kemudian ada rice cooker yang hanya memasak saja. Namun sekarang sudah bisa digunakan untuk memasak sekaligus menghangatkan, sehingga disebut magic com. Harganya pun cukup bervariasi mulai dari 100 ribuan hingga 500 ribu. Mulai dari yang ukuran mini hingga yang besar dengan berbagai merk, misalnya Miyako, National, Cosmos, Yongma, dan sebagainya.
Pada kesempatan kali ini saya akan share tips memperbaiki magic com yang rusak, meski pada dasarnya komponen didalamnya hanya elemen, saklar dan otomatis saja. Namun jika belum pernah membongkarnya, pasti akan kesulitan saat memperbaikinya.

Jenis kerusakan Magic com dan cara mereparasinya.

1. Magic com rusak mati total
Kerusakan ini bisa jadi yang terparah atau bahkan yang termudah. Untuk memperbaikinya adalah dengan mengecek dahulu kabel steker dengan multimeter. Jika masih bagus selanjutnya kita cek bagian thermofuse, caranya juga sama dengan mengecek kabel steker. Jika sudah ditemukan kerusakannya selanjutnya adalah menggantinya dengan yang masih bagus.
Thermofuse
2. Magic com Tidak bisa Panas
Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena saklar tidak berfungsi dan Elemen pemanas yang putus. Perlu kita ketahui bahwa didalamnya ada 1 Elemen pemanas dan 2 buah elemen penghangat. Jadi jika elemen pemanas rusak, Magic com tidak bisa digunakan untuk memasak, namun masih bisa untuk menghangatkan. Begitu juga sebaliknya. Untuk mereparasinya, tentu harus kita ganti dengan yang baru pada bagian yang rusak. Selain itu ada juga yang disebabkan karena per tidak berfungsi dengan baik sehingga saat kita taruh panci didalamnya saklar tidak terpencet.

3. Magic com tidak bisa njeglek otomatis.
Biasanya hal ini disebabkan karena otomatis sudah rusak atau saklar tidak berfungsi dengan baik. Untuk memperbaikinya tentu harus kita ganti otomatis magic com atau biasa disebut thermostat. Jika saklar rusak tentu harus diganti juga. Selain itu bisa juga disebabkan Led Panel tidak berfungsi.
4. Nasi mudah basi, meski baru dimasak.
Mengenai hal ini biasanya karena elemen penghangat rusak pada bagian tutup atau di bagian samping. Namun tidak menutup kemungkinan ada kabel yang putus pada element, untuk mengecek elemen yang putus bisa dengan menggunakan multimeter pada skala ohm. 
5. Nasi mudah kering.
Hal ini bisa disebabkan oleh bocornya tutup magic com atau bisa juga karena thermostat tidak bekerja dengan baik.
Cukup simpelkan?, karena pada dasarnya komponen pada magic com tidak banyak, jadi kerusakan biasanya ya cuma itu - itu saja. Yang penting kita harus teliti dan hati-hati saat mereparasinya.

Cara memperbaiki Speaker Aktif

Speaker aktif memang banyak sekali digemari oleh pecinta musik, karena dengan adanya perangkat tersebut suara yang dihasilkan jadi lebih nyaring dan lebih manteb, hal ini karena speaker aktif kebanyakan sudah dilengkapi dengan kontrol audio sperti bass dan trible. Selain itu adanya USB player menjadi pilihan bagi pengguna untuk bisa memutar musik via Flashdisk atau MicroSD. Dengan begitu tidak perlu lagi DVD Player, Laptop maupun pemutar musik lainnya untuk mengaktifkannya.
Kerusakan pada speaker aktif memang sering sekali terjadi, entah itu karena faktor eksternal maupun internal. Hal ini kadang membuat orang awam menjadi kecewa, terlebih lagi kalau barang tersebut baru dibelinya. Untuk itu berikut ada beberapa tips mengenai kerusakan pada speaker aktif yang sering terjadi dan cara mengatasinya.
1. Speaker aktif berdengung kencang
Hal pertama yang kita periksa adalah dengan mengecek kabel inputnya, kemungkinan ada yang putus caranya bisa dengan menggunakan multimeter atau jika belum punya kita coba saja ganti kabel inputnya. Jika saat dicopot kabel inputnya suara dengung masih ada berarti kemungkinan ada kerusakan pada bagian komponen, Untuk itu coba kita bongkar Speaker aktif, kemudian kita potong dulu bagian input power dengan tone control, coba hidupkan apakah masih dengung, jika masih berarti kerusakan ada dibagian power. Kalau sudah begini tinggal kita perbaiki saja powernya, biasanya Transistor final atau IC (jika pakai IC) sudah rusak. Kalau males perbaiki ganti saja satu set kit power amplifier yang banyak dijual dipasaran. Selain hal diatas bisa juga disebabkan karena adanya Elco pada power supply yang rusak atau kering, sehingga menyebabkan arus tidak rata dan menyebabkan dengung pada speaker aktif.

2. Speaker aktif kresek-kresek
Hal ini bisa jadi karena Potensio pada bagian tone control ada yang rusak, baik itu karena kotor atau sudah tidak berfungsi dengan baik. Coba bersihkan dulu pakai minyak pembersih pada bagian potensio, atau diganti saja biar lebih bagus. Selain itu bisa jadi karena kabel input yang agak longgar atau hampir putus, yang menyebabkan terhubung dan tidaknya audio input yang masuk.
3. Speaker aktif tidak mau ngebass atau tribel
Untuk yang satu ini bisa disebabkan karena potensio dibagian bass atau dibagian tribel ada yang retak solderannya atau sudah rusak, untuk itu perlu kita ganti potensionya agar hasilnya lebih mantab.
4. Speaker aktif mati total
Untuk yang satu ini anda bisa mengeceknya dari tegangan yang masuk terlebih dahulu. Caranya cek terlebih dahulu kabel steker yang masuk ke power supply, kemudian sekring lalu saklar. Jika kerusakan masih belum juga ditemukan barulah kita masuk ke bagian power supply, yaitu dengan mengecek Trafo terlebih dahulu dengan mengukur lilitan primer dan skunder apakah ada yang putus atau tidak. kemudian kita cek juga bagian diode bridge, Sampai disini biasanya penyebab mati total sudah diketemukan. Semoga berhasil.

Cara memperbaiki Pompa Air

Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi pemula (seperti saya), karena pada dasarnya memperbaiki pompa air bisa dibilang gampang-gampang susah sebab kita harus turun ke sumur (jika pompa ditaruh di dalam sumur) untuk memperbaikinya meski kerusakan hanya sepele, seperti copot kabelnya atau bocor pipanya. Untuk itu dalam memperbaiki atau mereparasinya dibutuhkan tenaga extra ketimbang proses mikirnya. 
Jenis - jenis kerusakan pompa air
Pompa Air Mati total
Beberapa kasus yang paling sering rusaknya pompa air adalah mati total. Penyebabnya bisa jadi karena saklar rusak, adanya kabel yang putus, atau gulungan dinamo terputus bahkan terbakar. Namun yang paling sering adalah kabel yang putus entah karena lapuk dimakan usia, atau ada hewan yang sengaja memutusnya. 
Cara mereparasinya
Untuk kerusakan ini tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengecek bagian saklar/Steker (jika pakai saklar), jika belum ditemukan kita lanjutkan cek bagian kabel apakah ada yang putus atau tidak, untuk mengeceknya kita bisa menggunakan multimeter. Jika kabel masih bagus barulah mengecek bagian dalam pompa air, mengenai yan satu ini anda harus tahu jalur - jalur gulungan tersebut. 

Pompa Air hanya mendengung (berderik) saja
Jika mengalami hal tersebut bisa jadi penyebabnya adalah adanya kotoran atau kerak yang menempel dibagian impeler atau klahar didalam dinamo. Selain itu bisa juga kerusakan disebabkan oleh rusaknya kapasitor nonpolar.
Cara memperbaiki
Pertama yang kita cek adalah arus dan tegangan yang menyuplay pompa air, apakah kurang dari 200, jika ya coba pakai stabilizer/ stavol. Jika belum juga coba bongkar bagian blok dan bersihkan bagian impeler lalu coba putar2 dinamo, kemudian tutup kembali. Biasa nya sampai disini penyakitnya sudah ditemukan. namun ada juga saat kita bongkar dinamo diputar2 sangat sulit, berarti harus dibongkar total, dan kita cek bagian klahar dan spul dinamo.
Pompa air nyala (hidup) tapi air tidak mengalir (macet)
Penyakit yang satu ini orang sering menyebutnya masuk angin. Mengenai hal ini biasanya disebabkan oleh bocornya pipa penyedot sehingga menyebabkan masuk angin dan letaknya biasanya pipa yang mengarah kesumur. Selain itu bisa juga karena penyaring (saringan) sudah rusak dan yang lebih parah adalah impeler sudah tidak presisi, sehingga tidak mampu menarik air lagi.
Cara memperbaikinya
Yang pertama tentu kita cek pipa penyedot dan saringannya. coba kita tata ulang lagi, dan dilem yang kuat biar tidak masuk angin hehe. sampai disini biasanya masalah sudah teratasi. Jika belum berarti harus ganti blok dan impeler
Pompa air lemah, Loyo
Lemah maksudnya disini adalah putarannya kurang kencang dan airnya mengalir pelan, hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan kapasitor, bocornya pipa penyedot dan adanya gulungan dinamo yang sedikit konslet.
Cara memperbaikinya
Jika kapasitor yang rusak tentu harus diganti, biasanya berukuran 400/450 Volt 9uF (mikro farad) untuk ukuran pompa air semi jet. Jika pada gulungan tentu harus dibongkar dan digulung kembali.
 
Pompa air Nyetrum
Jika pompa air anda nyetrum bisa dipastikan ada tegangan fuse yang konslet (jika ditespen nyala),
Cara memperbaikinya dengan dicek menggunakan Multimeter, biasanya karena ada gulungan yang lecet.

Cara pengecekan Blender rusak


1. Keluar Bunga api saat dinyalakan
Hal ini bisa saja terjadi akibat longgarnya Karbon brush atau kurang menekannya per pada karbon tersebut, sehingga menyebabkan lompatan bunga api akibat kurang menempel. Hal ini bisa juga menyebabkan putaran blender agak tersendat-sendat dan menjadi panas. Jadi untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti karbonnya dengan yang baru

2. Blender tidak mau berputar atau mati total
Mati total sering kali terjadi pada blender yang bisa disebabkan oleh berbagai hal, maka langkah awal adalah mengecek bagian perkabelan mulai dari Steker, kemudian Saklar. Untuk mengeceknya anda bisa menggunakan multimeter dengan saklar selektro mengarah pada ohm meter. Selanjutnya adalah mengecek bagian dinamo baik pada rotor maupun stator, kemungkinan ada yang putus gulungannya atau bahkan sudah terbakar. Untuk memperbaikinya tentu cukup diganti saja mana bagian yang rusak
3. Dinamo atau Motor penggerak bisa berputar tapi mata pisau blender tidak mau berputar
Mengenai hal ini bisa jadi disebabkan oleh Gerigi kopel sudah aus sehingga mata pisau blender tidak nyangkut pada gigi kopelnya. Selain itu bisa juga disebabkan oleh mata pisau yang seret atau berkarat. Untuk memperbaikinya tentu harus ganti baru pada bagian yang aus atau berkarat

4. Putaran motor penggerak blender menjadi pelan
Penyebab dari putaran yang pelan bisa jadi karena adanya gulungan yang short /konslet pada spul atau lilitan. Untuk memperbaikinya tentu harus dililit kembali atau dengan mengganti dinamo motor yang baru. Selain itu bisa juga disebabkan karena kopel dan mata pisau yang seret karena berkarat atau adanya kotoran yang menempel

Cara pengecekan Kipas Angin rusak

Kipas angin bekerja dengan memutar baling-balingnya sehingga udara bisa dihempaskan kearah yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu saat kita gunakan terasa ada angin yang berhembus kearah kita. Banyak sekali jenis dan merk kipas angin yang bisa dengan mudah kita dapatkan dipasaran mulai dari kipas dinding, duduk, meja, dengan merk seperti Hyundai, Panasonic, Miyako dengan harga yang murah sampai yang mahal. Namun bagaimana jika kipas angin tersebut rusak tidak mau berputar sama sekali atau biasa disebut dengan mati total. Bagi yang masih awam pasti kebingungan mencari penyebabnya, kenapa kipas angin yang awalnya normal-normal saja sekarang tidak bisa berputar.
Kipas Angin (elektrik fan) sebenarnya hanya terdiri atas dinamo listrik, dan saklar sebagai pengatur kecepatan putaran. Jadi  jika anda mengalami hal tersebut mudah-mudahan tutorial berikut bisa membantu keresahan yang anda derita.
Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati total
  1. Persiapkan alat untuk memperbaiki seperti obeng, kunci pas, solder, timah  dan sebagainya.
  2. Bongkar casing kipas angin yang akan diperbaiki
  3. Cek jalur kabel AC apakah ada yang putus, jika tidak ada lanjut ke step berikutnya
  4. Cek saklar kipas angin, biasanya untuk ukuran kecil ada tiga tombol dan yang lebih besar bisa 4 atau 5 tombol.
  5. Jika pada tahap tersebut belum ditemukan penyebabnya, selanjutnya adalah bongkar casing dinamo
  6. Cari thermo fuse biasanya didalam isolator bersama gulungan dinamo, bentuknya ada yan petak ada juga seperti resistor.
  7. Kalau sudah ketemu cek dengan multimeter apakah masih bagus atau rusak, Jika masih bagus biasanya jarum bergerak ke arah 0 ohm (selector pada skala ohm), jika tidak bergerak berarti rusak.
  8. Biasanya sampai disini kerusakan sudah ketemu, jika belum ditemukan juga berarti kerusakan ada pada gulungan dinamo, bisa jadi karena terputus atau terbakar, 
  9. Untuk memperbaikinya harus digulung ulang atau bisa anda belikan dinamo listrik untuk kipas angin yang baru dengan ukuran yang sama.
Nah dari beberapa step tersebut mudah-mudahan penyakitnya sudah bisa diketemukan, karena memperbaiki kipas angin ini masih bisa dikategorikan mudah untuk sistem manual, sebab komponen didalamnya tidak banyak. Oleh sebab itu jika anda adalah teknisi yang mahir, sudah pasti hal semacam ini adalah kerusakan sepele. Berbeda dengan yang menggunakan saklar digital dan menggunakan remote control, yang bisa dibilang rumit untuk jenis yang satu ini. Nah bagi pemula, yang belum pernah bongkar-bongkar kipas, harap berhati-hati dengan tegangan tinggi, dianjurkan ada yang mendampingi saat mereparasi. Semoga berhasil

Cara pengecekan mesin cuci rusak

Sebelum Memulai ada baiknya kita mengetahui apa itu MESIN CUCI 2 dan 1 TABUNG mesin_cuci_saluran_bocor1 MESIN CUCI 2 TABUNG  Dikatakan mesin cuci dua tabung dikarenakan bagian pencuci dan pengering terpisah, baik baknya (tabung) atau pun motor dynamonya. Adapun macam2 kerusakan dan penangannya akan saya coba bahas pada kesempatan kali ini. MESIN CUCI 1 TABUNG  Pada jenis ini Beberapa Kasus adalah sebagai berikut
*MATI TOTAL => Periksa kabel/steker listrik AC, fuse, timer2 dan kabel yang ke timer atau yang ke dynamo. Sering kali kabel2 tersebut putus dikarenakan digigit tikus.
*NYETRUM =>  Periksa apakah ada kebocoran pada seal as bak pengering atau as gearbox pada pencuci. Umumnya masalah nyetrum pada mesin cuci dikarenakan dynamo yang ketetesan air dari seal yang bocor sehingga aliran listrik mengalir dari dynamo yang basah ke as bak pengering dan pencuci. Atau bisa juga dikarenakan pengguna yang ceroboh menumpahkan air yang cukup banyak pada panel timer mesin cuci. Jika seal bocor segera lakukan penggantian karena jika di biarkan dapat dipastikan gulungan dynamo akan mudah short. Jika Seal atau gearbox yang bocor sudah diganti lalu dynamo dikeringkan tapi masih yetrum juga, berarti sudah terjadi contact body dari lilitan dynamo pada keren yg berkorosi/karat. Dapat diatasi dengan jalan memberikan arde atau ground ke bumi pada body dynamo dan mesin cuci atau menggulung ulang dynamo tersebut. Saat mengganti seal, olesi seal dan as dg grease/gemuk secukupnya.
*PUTARAN MESIN CUCI LEMAH =>Cek vanbelt, jika longgar lakukan penyetelan dg menggeser jarak dynamo atau lakukan penggantian jika masih longgar. Ganti vanbelt dg tipe yang sama. Jangan menyetel vanbelt terlalu kencang karena akan cepat merusak gearbox dan as dynamo. Jika kesulitan mendapat vanbelt dg no. yang sama, anda dapat mencoba mencari vanbelt ke toko onderdil mobil dg membawa contoh vanbelt. Yang penting lingkaran dan ketebalannya sama. Untuk mengecek apakah kekencangan vanbelt sudah cukup dapat dilakukan dg jalan saat mati putaran kipas penggilas tidak terasa terlalu berat saat di putar dengan tangan. Lalu tes dengan menhidupkan mesin cuci. Tahan kipas penggilas dg tangan sekuatnya saat pergantian arah putaran. Jika dynamo terdengar hanya berdengung berarti ok, tapi jika dynamo masih terdengar berputar.berarti vanbelt masih slip atau longgar. =>puli atau kipas penggilas yang terbuat dari plastic aus dan los dari as gearbox. Ini ditandai dengan seringnya baut pengikat pada  kedua part tsb kendor dg sendirinya..   =>Jika semua ok. Cek kapasitas pada capasitor dynamo pencuci yang normalnya berkisar antara 10 – 16 uf/400VAC.
*MESIN CUCI TIDAK MAU BERPUTAR HANYA SUARA BERDENGUNG DARI DINAMO =>As macet, bersihkan as dan bos lalu lakukan pelumasan. =>Capasitor jebol =>Lilitan dynamo short atau putus pada bagian starter. Cek hubungan semua kabel dengan tester.  *MESIN CUCI HANYA MAU BERPUTAR SATU ARAH ATAU TIDAK MAU MATI SENDIRI =>Timer rusak atau salah satu kabel dari timer ke capasitor putus. Kerusakan pada timer bisa jg menyebabkan dynamo tidak mau muter sama sekali. Kalau begitu cek juga switch selector (jika ada) pada tombol Drain, Normal dan Gentle.

*AIR DI BAK BERKURANG SENDIRI/BOCOR =>Karet penutup pembuangan terganjal kotoran, bisa duit logam, peniti atau lainnya. =>Karet penutup pembuangan air sudah kaku/tidak elastis atau bisa juga sobek rompal. =>per spiral penekan karet patah.  mesin_cuci_saluran_bocor2 mesin_cuci_saluran_bocor3
*AIR DI BAK TIDAK MAU DIBUANG =>Tali atau tuas penarik pada tombol drain patah/putus. Atau tombolnya sendiri pecah. =>Saluran pembuangan tersumbat kotoran atau uang logam yag menumpuk dan tdk bisa lolos kesaluran pembuangan.
*PENGERING (SPIN) TIDAK MAU MUTER DAN  DINAMO TIDAK ADA RESPON SAMA SEKALI =>Sensor switch pada penutup bak pengering ndak nyambung, timer rusak atau kabel2 ada yang putus.
*PENGERING TIDAK MAU MUTER, HANYA SUARA DENGUNG DARI DINAMO =>Selain sama penganannya pada kasus pencuci, sering jg dikarenakan tali rem tromol yang ada pada dynamo atau tuasnya di penutup bak putus/patah. Bisa juga seling remnya macet berkarat.
*PENGERING PUTARANNYA LEMAH SAAT DIBERI BEBAN =>Hampir pada semua motor penggerak yang menggunakan capasitor kasusnya adalah sama. Selain kapasitor yang berkurang kapasitasnya, Gulungan dynamo sdh short. Jika dipaksa untuk digunakan maka akan memperparah bagian yang short sampe terbakar atau putus.
*SAAT MENGERINGKAN PAKAIAN, BAK PENGERING BERPUTAR TIDAK STABIL =>Selain karena tidak meratanya saat meletakkan pakaian di bak pengering, bisa juga dikarenakan per balancing pada kaki dynamo pengering patah, kendor skrupnya, Seal robek atau bos pada seal lepas dari karet seal.. Segera atasi masalahnya karena dapat menyebabkan seal robek/tidak awet atau yang lebih extrim as bak pengering bengkok dan baknya pecah. =>Bisa juga dikarenakan pakaian kecil yg terlempar keluar dari bak pengering karena tidak di beri penutup saat proses berlangsung, sehingga pakaian masuk ke bak bagian luar dan terlilit di as bak pengering. kalo pakaiannya sudah terlilit sangat ketat dan banyak, dapat juga menyebabkan as macet.. CATATAN : Saat mencuci sebaiknya posisi selang pembuangan tidak dinaikkan. Agar jika terjadi kebocoran dapat segera diketahui. Dan juga apabila selang dinaikkan saat mencuci sementara terjadi kebocoran pada karet  tutup pembuangan, air akan mengenangi bagian pengering dan bisa saja terjadi rembesan yang akan menetes ke dynamo.
  1. MESIN CUCI 1 TABUNG (FULL AUTOMATIC)
Tidak jauh dengan mesin cuci 2 tabung kerusakan dan cara penangannya. Terutama apabila terjadi kerusakan pada dynamo dan masalah kebocoran. Hanya saja pada mesin 1 tabung pencuci dan pengering letaknya di satu tempat, sehingga motor dynamo yang digunakanpun hanya satu.   Selain itu,  mesin ini bisa bekerja secara full otomatis pada semua bagian. Jadi saat pengoperasian anda hanya perlu memasukkan pakaian dan sabun secukupnya. Lalu dengan 1 kali menekan tombol start mesin akan bekerja secara otomatis mulai dari pengisian air, mencuci, membilas dan mengeringkan. Bahkan untuk tipe yang baru ada yang sudah dilegkapi sisitim memory dimana anda dapat menyetel jam berapa mesin mulai bekerja. Misalkan anda mengeset saat fajar, maka saat anda bangun pagi anda tinggal menjemur pakaian sehingga menghemat waktu anda. Tapi untuk proses full ototomatis, syarat air kran yang harus selalu ada menjadi kewajiban. Oleh karena itu sebagian ibu rumah tangga menganggap mesin cuci ini boros air dan sabun. Mesin tipe ini tidak akan start mencuci jika bak belum terisi air hingga water levelnya. Untuk pengetesan tanpa air, cabut selang water level dari tabung lalu tiup dg mulut sekuatnya. Jika tdk ada masalah pada otomatis water levelnya, mesin akan berputar walau tidak ada airnya saat proses pencucian.   Untuk system pengoperasian yang tipe sekarang ini menggunakan system digital. Yang tentu saja menggunakan modul sirkuit elektronik dengan rangkaian IC program , transistor dan triac sebagai switch elektrik akhirnya. Memang agak sedikit merepotkan jika terjadi kerusakan pada bagian ini. Namun bagi yang telah berkecimpung di dunia elektronik, tidaklah terlalu sulit menanganinya. Hanya saja ketersediaan spare part nya dipasaran seringkali menjadi kendala sehingga anda harus berimprofisasi untuk mengatasinya. Sedangkan di SC dijual 1 set modul yang tentu saja harganya lumayan mahal. Atau anda dapat mengunakan modul universal (made in china) walau agak merepotkan. Tapi sejujurnya saya tidak menyarankan untuk yang terakhir ini.   Dikarenaka mesin cuci ini bekerja secara full Automatic. Jika terjadi kerusakan, sebaik dilokalisir terlebih dahulu permasalahannya. Pada system elektrik, mekanik, atau dinamonya. Lakukan pengetesan secara semi automatic. Selebihnya kerusakan pada mesin cuci 1 tabung dan perbaikannya sama saja dg mesin 2 tabung. Hanya pada Sistem elektrik kita diharuskan lebih teliti dalam pengecekan dan perbaikannya

Cara penyecekan Ac rusak

Pengecekan Kerusakan AC Split.
1. AC Tidak Menyala.
a. Cek kelistrikan PLN yang terhubung masuk ke AC :
- Kabel, Ukuran Kabel ,Voltase , Stop Kontak dan MCB
b. Cek Remote AC
- Remote Menyala atau tidak (cek baterai , cek infra red /signal remote
menggunakan kamera HP ,arahkan remote ke kamera HP , apabila ada signal
maka remote akan menyala jika dilihat dari kamera HP.
- Baterai Remote
- Display Remote
c. Cek PCB AC
- Receiver / Mata Kucing
- Fuse/Sekring PCB
- Trafo
- Dll
2. AC Berkedip /Error / Atau Menyala Sebentar kemudian Mati/Berkedip.
- Cek Termistor
- Cek Fan Motor dan Kapasitor
- Cek PCB AC
- Cek Kompresor .
3. AC Hidup Tapi Outdoor Tidak Menyala / Outdoor Menyala AC Indoor tidak menyala/
- Cek Termistor AC
- Cek PCB AC
- Cek Keluaran Voltase dari PCB
- Cek Kontaktor.
4. AC Indoor Menyala , Kompresor Menyala kemudian Mati/ Kompresor tidak menyala
atau Indoor Outdoor menyala tetapi Outdoor hanya menyala Fan.
- Cek Overload Kompresor
- Cek Kapasitor Kompresor
- Cek Amper Kompresor
5. Cara Mengecek Kebocoran AC
- Cek Pipa Instalasi
- Cek Tekanan Refrigerant
- Cek Amper
Pastikan tidak ada kebocoran , caranya paling mudah adalah menggunakan busa air
sabun.
Demikian Prosedur Perawatan dan Pengecekan pada AC Split.

Wednesday 2 September 2015

Service

     Kami adalah kelompok atau team yang bergerak dalam bidang jasa pemasangan instalasi listrik dan ac yang beralamat di cengkareng jakarta barat. kami beranggotakan lebih dari 10 orang yang telah berpengalaman dan profesional dalam mengerjakan instalasi listrik,ac,telepon,matv,fire alarm pada gedung seperti tempat rumah tinggal,ruko,kantor dan hotel. Kami berkeinginan untuk memperkenalkan layanan kami kepada perusahaan Bapak/ Ibu, dengan harapan dapat terjalin kerjasama pada bidang  pembuatan rumah, ruko, gedung, dan hotel.Besar harapan kami untuk dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu.



Harga Service AC / Perawatan Cuci AC
Keterangan :
1. Service/Cleaning AC Split              Unit       Rp. 50.000           0.5 Pk – 1 Pk
2. Service/Cleaning AC Split              Unit       Rp. 60.000           1.5 Pk – 2Pk
3. Service/Cleaning AC                      per pk   Rp. 75.000           Jenis AC Diatas 2Pk

Tambah Gas Freon
Keterangan :
1. Tambah Freon R22          Unit       Rp. 80.000           0.5PK – 1PK
2. Tambah Freon R22          Unit       Rp. 100.000         1.5PK – 2PK
3. Tambah Freon R22          per pk   Rp. 100.000         Jenis AC diatas 2PK

JASA BONGKAR AC
Keterangan :
 1. Bongkar AC Split                Unit        Rp.200.000          0.5PK – 2PK
 2. Bongkar AC                        Per pk    Rp.300.000          Jenis AC diatas 2PK

* Biaya Bongkar AC diluar instalasi standar mohon hubungi kami
JASA PASANG AC (Instalasi Standart) Garansi Pemasangan 30 hari

Pemasangan ac
Keterangan :
 1. Pasang AC Split                 Unit       Rp.   300.000       0.5PK – 2PK
 2. Pasang AC Split Duct        per pk    Rp.   600.000       2 s/d 5PK

*Biaya Jasa Pasang AC diluar instalasi standart mohon hubungi kami

Pekerjaan Lainnya :
Jenis Pekerjaan
Harga
Keterangan
1              Flushing/Perbaikan Bocor Air        Unit       Rp.200.000          AC Split 0.5PK – 2PK
2              OverHoul/Service Besar                Unit       Rp.450.000          AC Split 0.5PK – 2PK
3              OverHoul/Service Besar                Unit       Rp.600.000          AC di atas 2Pk

Penggantian Spare Part AC.
NO       JENIS PEKERJAAN            SATUAN               HARGA (Rp)       KETERANGAN
 1          Ganti Capasitor Compressor        µf                       125.000                20 µf
 2          Ganti Capasitor Compressor        µf                       175.000                25 µf
 3          Ganti Capasitor Compressor        µf                         80.000                30 µf
 4          Ganti Capasitor Compressor        µf                       185.000                35 µf
 5          Ganti Capasitor Compressor        µf                         90.000                45 µf
 6          Ganti Capasitor Compressor        µf                       220.000                50 µf
 7          Ganti Capasitor Fan                     µf                         90.000                0,6 µf
 8          Ganti Capasitor Fan                     µf                         95.000                0,9 µf
 9          Ganti Capasitor Fan                     µf                         45.000                1 µf
 10        Ganti Capasitor Fan                     µf                       110.000                 1,5 µf
 11        Ganti Capasitor Fan                     µf                       120.000                 2,5 µf
 12        Ganti Capasitor Fan                     µf                       150.000                 3 µf
 13        Ganti Overload                            pk                      125.000                 1/2 s/d 1 pk
 14        Ganti Overload                            pk                      195.000                 1 1/2 pk
 15        Ganti Overload                            pk                      195.000                 2 pk
 16        Ganti Mata Sensor                       pk                      125.000                 1/2  s/d 2pk
 17        Ganti Termis                                 pk                      125.000                 1/2  s/d 2pk
 18        Remot Segala Merek                    pk                      130.000                 1/2  s/d 2 1/2  pk
 19        Compressor baru                          pk                   1.200.000                 1/2  pk
 20        Compressor baru                          pk                   1.350.000                 3/4  pk
 21        Compressor baru                          pk                   1.450.000                 1  pk
 22        Compressor baru                          pk                   1.550.000                 1 1/2 pk
 23        Compressor baru                          pk                   1.950.000                 2  pk
 24        Compressor baru                          pk                   2.300.000                 2 1/2  pk


CATATAN    :
    Harga service AC diatas sesewaktu dapat berubah sesuai dengan jumlah stock dan harga suku cadang mesin pendingin ruangan pada distributor dan pemegang merek. Biaya yang belum tercantum dalam rincian di atas, mohon menghubungi kami.
Untuk info selengkapnya
 Hubungi:
Sukry : 081319609156 /089631917395

Pemasangan Listrik

       Kami adalah kelompok atau team yang bergerak dalam bidang jasa pemasangan instalasi listrik dan ac yang beralamat di cengkareng jakarta barat. kami beranggotakan lebih dari 10 orang yang telah berpengalaman dan profesional dalam mengerjakan instalasi listrik,ac,telepon,matv,fire alarm pada gedung seperti tempat rumah tinggal,ruko,kantor dan hotel. Kami berkeinginan untuk memperkenalkan layanan kami kepada perusahaan Bapak/ Ibu, dengan harapan dapat terjalin kerjasama pada bidang  pembuatan rumah, ruko, gedung, dan hotel.Besar harapan kami untuk dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu.
 



Berikut adalah spesifikasi untuk harga pemasangan instalasi listrik dan ac:
1. HARGA BORONGAN JASA NON MATERIAL
no item satuan harga
1 lampu titik Rp.50.000                                                  
2 lampu taman titik Rp.55.000
3 lampu hotel unit Rp.50.000
4 stopkontak titik Rp.50.000
5 stopkontak AC titik Rp.60.000
6 stopkontak waterheater titik Rp.60.000
7 stopkontak pmp air titik Rp.55.000
8 radar pmp air titik Rp.50.000
9 kabel antena TV titik Rp.75.000
10 kabel telpon titik Rp.75.000
11 grounding system unit Rp.150.000
12 kabel toufour mtr Rp. 12.000
13 panel listrik unit Rp.75.000
14 instalasi group/mcb unit Rp.50.000
================================
Perincian Upah kerja perbobokan
no Jenis pekerjaan keterangan
1. Saklar seri Rp 15,000
2 Saklar single Rp 10,000
3 Stop kontak Rp 15,000
4 Outlet antena Rp 15,000
5 Outlet telepon Rp 15,000
6 Outlet MCB Rp 50,000
===========================
JASA PASANG LAMPU DLL
no. item satuan harga
1 Downlight titik Rp.15.000
2 TL/neon titik Rp.25.000
3 lampu dinding titik Rp.20.000
4 lampu gantung titik Rp.30.000
5 fitting plafond titik Rp.10.000
6 kipas angin gantung titik Rp.50.000
7 exhaustfan Rp.30.000
8.lampu baret Rp25,000
9.lampu sorot Rp 25,000
10.lampu hologen Rp25,000
11.Panel ( hager box),Max 12 group Rp 150,000
12.lampu hias/cristal titikRp.50.000 .s/d Rp.250.000.

====================================


untuk info lebih lengkapnya silahkan hubungi
Sukry: 081319609156 / 089631917395

Tuesday 1 September 2015

Komponen Mesin Pendingin

  1. Radiator: berfungsi untuk menampung dan mendinginkan cairmman pendingin yang telah menjadi panas setelah menyerap panas dari komponen komponen mesin. Radiator terdiri dari tangki atas dan bawah yang dihubungkan dengan pipa yang berfungsi untuk mengalirkan sekaligus mendinginkan air pendingin.
  2. Tutup radiator memiliki dua fungsi, fungsi yang pertama adalah untuk menaikkan titik didih air pendingin dengan jalan menahan ekspansi air pada saat air menjadi panas sehingga tekanan air menjadi lebih tinggi dari tekanan udara luar, sedangkan fungsi yang kedua adalah untuk mempertahankan air pendingin di dalam sistem agar tetap penuh walaupun mesin dalam keadaan dingin atau panas. Untuk mewujudkan fungsi tersebut, maka pada tutup radiator dilengkapi dengan relief valve dan vacuum valve.
  3. Thermostat: Thermostat berfungsi untuk mempercepat tercapainya suhu kerja mesin pada saat mesin masih dingin dan juga berfungsi untuk mempertahankan mesin selalu pada suhu kerjanya (antara 80-90 derajat celcius). Thermostat biasanya dipasang antara radiator dan sirkuit pendingin (silinder block dan silinder heat). Thermostat bekerja seperti katup otomatis yang bekerja berdasarkan panas, dimana pada waktu dingin katup akan menutup dan pada waktu panas katup akan membuka, 
  4. Kipas pendingin: Radiator didinginkan oleh aliran udara luar yang mengalir melewati sirip-siripnya. Pada saat kendaraan berhenti aliran udara tidak akan cukkup untuk mendinginkan radiator. Untuk mengatasi hal ini maka dibelakang radiator dipasang kipas pendingin untuk membantu agar aliran udara selalu cukup untuk mendinginkan radiator. Ada 2 jenis kipas yang sering digunakan pada kendaraan yaitu kipas yang digerakan oleh motor listrik dan kipas manual yang digerakan oleh poros engkol mesin itu sendiri melalui talli kipas/V-belt.
    Komponen Sistem Pendingin dan Fungsinya
    Komponen Sistem Pendingin dan Fungsinya
  5. Tangki Cadangan : Reservoir Tank atau tangki cadangan dihubungkan ke radiator melaui selang overflow. Reservoir Tank ini berfungsi untuk menjaga agar volume air pendingin selalu stabil.
  6. Pompa Air (Water Pump): Berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin dengan jalan membuat perbedaan tekanan antara saluran hisap dengan saluran tekan yang terdapat pada pompa. Pompa yang digunakan umumnya adalah type sentrifugal. Pompa ini digerakan oleh poros engkel melalui tali kipas atau v-belt
  7. Selang radiator : berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin. Ada dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang sudah didinginkan kembali ke mesin. 
  8. Water jacket : Berfungsi sebagai saluran-saluran tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket

Pilih Bahasa

Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Gabung Segera

Jasa Service

Jasa Service

Jumlah Pengunjung

Sukry. Powered by Blogger.