Thursday 3 September 2015

Cara memperbaiki setrika

Memperbaiki Setrika listrik sebenarnya sangat mudah, karena komponen didalamnya hanyalah sebuah selector, thermostat dan elemen pemanas. Jadi jika mengelami kerusakan, yang kita periksa juga bagian itu saja. Namun jika kita belum pernah mereparasinya, hal ini tentu akan membuat kita ragu dan kuatir jangan-jangan bisa tambah parah. Padahal kalau kita mau membongkarnya, maka kita hanya akan melihat besi-besi penghantar yang saling terkait saja.
Baiklah langsung saja kita mulai dengan jenis kerusakan yang sering terjadi pada setrika listrik ini.
1. Setrika rusak mati total
Hal ini biasanya disebabkan karena tidak adanya arus listrik yang masuk ke setrika, Maka untuk pengecekannya adalah dengan mengukur kabel steker dengan multimeter skala ohm, periksa apakah kabel masih bagus atau sudah ada yang putus. Selanjutnya kita cek ke bagian terminal dan penghantar yang terhubung kebagian elemen pemanas. Info pengukuran lihat pada Cara mengecek letak kabel putus. Jika kita sudah menemukan bagian yang rusak kita tinggal menggantinya saja. Misalnya jika kabel steker putus maka kita belikan yang baru, dengan tipe yang sama. 
Setrika listrik merk philips
2. Setrika Tidak bisa panas
Saat setrika dicolokkan, lampu mau hidup tetapi setrika tidak mau panas, hal ini berarti arus sudah masuk ke kabel steker. Jadi kemungkinan penyebabnya adalah adanya jalur penghubung yang sudah berkarat atau elemen yang putus. Untuk itu perlu kita cek dengan multimeter, mengenai caranya masih sama dengan mengecek kabel steker sebelumnya, yaitu selector pada skala ohm, Jika jarum bergerak jauh kekanan berarti elemen masih bagus, begitu juga sebaliknya. Namun adakalanya juga setrika cuma hangat saja dan tidak mau panas, meski diukur elemen masih kelihatan baik.
mengukur elemen
3. Setrika kadang hidup, kadang tidak
Hal ini bisa disebabkan adanya steker yang setengah putus atau tersambung, mungkin juga baut terminal yang longgar, besi penghantar yang yang kurang pas, atau selector yang mulai rusak. Sehingga menyebabkan kadang arus bisa masuk kadang juga tidak.

4. Setrika Nyetrum
Jika demikian kemungkinan besar jalur fasa menyentuh body setrika. Untuk itu coba cek dengan multimeter antara steker dengan body adakah yang terjadi konslet atau hubung singkat, jika iya tinggal kita bongkar saja dan di tata ulang besi penghantarnya biar tidak menyentuh body setrika.
Mungkin itu saja jenis kerusakan yang sering terjadi pada setrika listrik. Yang jelas jika kita mau teliti memeriksanya, kemungkinan besar masalah bisa teratasi. Semoga berhasil.

2 comments

Isolasi merupakan pelindung yang sangat baik digunakan. contohnya seperti gosokan, terkadang tidak pernah kita sadari bahwa sedang mengosok, sering terjadi apabila kita sedang mengosok, kabel pada gosokan sering sekali ikut ke gosok, hal ini dapat menyebabkan terjadinya nyetrum, karena kabel yang terkena gosokan kulit dapat terkupas sehingga mengalirkan arus listrik.

Pilih Bahasa

Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Gabung Segera

Jasa Service

Jasa Service

Jumlah Pengunjung

Sukry. Powered by Blogger.