Thursday 3 September 2015

Cara pengecekan Kipas Angin rusak

Kipas angin bekerja dengan memutar baling-balingnya sehingga udara bisa dihempaskan kearah yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu saat kita gunakan terasa ada angin yang berhembus kearah kita. Banyak sekali jenis dan merk kipas angin yang bisa dengan mudah kita dapatkan dipasaran mulai dari kipas dinding, duduk, meja, dengan merk seperti Hyundai, Panasonic, Miyako dengan harga yang murah sampai yang mahal. Namun bagaimana jika kipas angin tersebut rusak tidak mau berputar sama sekali atau biasa disebut dengan mati total. Bagi yang masih awam pasti kebingungan mencari penyebabnya, kenapa kipas angin yang awalnya normal-normal saja sekarang tidak bisa berputar.
Kipas Angin (elektrik fan) sebenarnya hanya terdiri atas dinamo listrik, dan saklar sebagai pengatur kecepatan putaran. Jadi  jika anda mengalami hal tersebut mudah-mudahan tutorial berikut bisa membantu keresahan yang anda derita.
Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati total
  1. Persiapkan alat untuk memperbaiki seperti obeng, kunci pas, solder, timah  dan sebagainya.
  2. Bongkar casing kipas angin yang akan diperbaiki
  3. Cek jalur kabel AC apakah ada yang putus, jika tidak ada lanjut ke step berikutnya
  4. Cek saklar kipas angin, biasanya untuk ukuran kecil ada tiga tombol dan yang lebih besar bisa 4 atau 5 tombol.
  5. Jika pada tahap tersebut belum ditemukan penyebabnya, selanjutnya adalah bongkar casing dinamo
  6. Cari thermo fuse biasanya didalam isolator bersama gulungan dinamo, bentuknya ada yan petak ada juga seperti resistor.
  7. Kalau sudah ketemu cek dengan multimeter apakah masih bagus atau rusak, Jika masih bagus biasanya jarum bergerak ke arah 0 ohm (selector pada skala ohm), jika tidak bergerak berarti rusak.
  8. Biasanya sampai disini kerusakan sudah ketemu, jika belum ditemukan juga berarti kerusakan ada pada gulungan dinamo, bisa jadi karena terputus atau terbakar, 
  9. Untuk memperbaikinya harus digulung ulang atau bisa anda belikan dinamo listrik untuk kipas angin yang baru dengan ukuran yang sama.
Nah dari beberapa step tersebut mudah-mudahan penyakitnya sudah bisa diketemukan, karena memperbaiki kipas angin ini masih bisa dikategorikan mudah untuk sistem manual, sebab komponen didalamnya tidak banyak. Oleh sebab itu jika anda adalah teknisi yang mahir, sudah pasti hal semacam ini adalah kerusakan sepele. Berbeda dengan yang menggunakan saklar digital dan menggunakan remote control, yang bisa dibilang rumit untuk jenis yang satu ini. Nah bagi pemula, yang belum pernah bongkar-bongkar kipas, harap berhati-hati dengan tegangan tinggi, dianjurkan ada yang mendampingi saat mereparasi. Semoga berhasil

5 comments

Nah. Jika kipas angin keluar api jika dinyalakan apa srbabnya. Gan?

Waktu itu saya sering sekali memakai kipas angin, tetapi saya merasa bosan, karena kipas angin yang saya gunakan selalu rusak, saya udah servis kesana kemari tetapi kekuatannya sampai 2 bulan saja selebihnya rusak lagi. Dan disitu saya akhirnya untuk menggunakan Air Conditioner (AC), dengan harga terjangkau saya merasa puas dengan air conditioner yang saya gunakan, karena tidak ada lagi kerusakan-kerusakan yang saya alami.

Oooh seperti itu ya gan, berarti bener juga yah apa kata temen saya yang kerja sebagai teknisi servis ac kalau kipas angin mati karena thermo fusenya sudah rusak. Terima Kasih gan.

Bro, padahal dinamo sudah saya di kasih oli, tapi ko masih suka seret/engga mau muter yah, Itu kenapa yah ?

Alhamdulillah untuk saat ini kipas angin ane masih baik-baik aja, walaupun udah banyak banget isolasi/lakban di bagian baling-baling kipasnya.

Pilih Bahasa

Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Gabung Segera

Jasa Service

Jasa Service

Jumlah Pengunjung

Sukry. Powered by Blogger.