- Radiator: berfungsi untuk menampung dan mendinginkan cairmman pendingin yang telah menjadi panas setelah menyerap panas dari komponen komponen mesin. Radiator terdiri dari tangki atas dan bawah yang dihubungkan dengan pipa yang berfungsi untuk mengalirkan sekaligus mendinginkan air pendingin.
- Tutup radiator memiliki dua fungsi, fungsi yang pertama adalah untuk menaikkan titik didih air pendingin dengan jalan menahan ekspansi air pada saat air menjadi panas sehingga tekanan air menjadi lebih tinggi dari tekanan udara luar, sedangkan fungsi yang kedua adalah untuk mempertahankan air pendingin di dalam sistem agar tetap penuh walaupun mesin dalam keadaan dingin atau panas. Untuk mewujudkan fungsi tersebut, maka pada tutup radiator dilengkapi dengan relief valve dan vacuum valve.
- Thermostat: Thermostat berfungsi untuk mempercepat tercapainya suhu kerja mesin pada saat mesin masih dingin dan juga berfungsi untuk mempertahankan mesin selalu pada suhu kerjanya (antara 80-90 derajat celcius). Thermostat biasanya dipasang antara radiator dan sirkuit pendingin (silinder block dan silinder heat). Thermostat bekerja seperti katup otomatis yang bekerja berdasarkan panas, dimana pada waktu dingin katup akan menutup dan pada waktu panas katup akan membuka,
- Kipas pendingin:
Radiator
didinginkan oleh aliran udara luar yang mengalir melewati
sirip-siripnya. Pada
saat kendaraan berhenti aliran udara tidak akan cukkup untuk
mendinginkan
radiator. Untuk mengatasi hal ini maka dibelakang radiator dipasang
kipas
pendingin untuk membantu agar aliran udara selalu cukup untuk
mendinginkan
radiator. Ada 2 jenis kipas yang sering digunakan pada kendaraan yaitu
kipas
yang digerakan oleh motor listrik dan kipas manual yang digerakan oleh
poros engkol mesin itu sendiri melalui talli kipas/V-belt.
Komponen Sistem Pendingin dan Fungsinya - Tangki Cadangan : Reservoir Tank atau tangki cadangan dihubungkan ke radiator melaui selang overflow. Reservoir Tank ini berfungsi untuk menjaga agar volume air pendingin selalu stabil.
- Pompa Air (Water Pump): Berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin dengan jalan membuat perbedaan tekanan antara saluran hisap dengan saluran tekan yang terdapat pada pompa. Pompa yang digunakan umumnya adalah type sentrifugal. Pompa ini digerakan oleh poros engkel melalui tali kipas atau v-belt
- Selang radiator : berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin. Ada dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang sudah didinginkan kembali ke mesin.
- Water jacket : Berfungsi sebagai saluran-saluran tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket
Archive
-
▼
2015
(20)
-
▼
September
(13)
- Cara memperbaiki setrika
- Cara memperbaiki Magic com
- Cara memperbaiki Speaker Aktif
- Cara memperbaiki Pompa Air
- Cara pengecekan Blender rusak
- Cara pengecekan Kipas Angin rusak
- Cara pengecekan mesin cuci rusak
- Cara penyecekan Ac rusak
- Service
- Pemasangan Listrik
- Komponen Mesin Pendingin
- CARA KERJA PENDINGIN
- Sejarah Mesin Pendingin
-
▼
September
(13)
Populer
- Garansi memory V-Gen seumur hidup
- Cara mengatasi Microphone bunyi kresek-kresek
- Sejarah Mesin Pendingin
- Cara pengecekan mesin cuci rusak
- Cara memperbaiki setrika
- Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
- Cara pengecekan Kipas Angin rusak
- Cara Memasukan Playlist Lagu di Blog
- Cara penyecekan Ac rusak
- Cara memperbaiki Speaker Aktif
Jasa Service
Jumlah Pengunjung
Sukry. Powered by Blogger.
4 comments
Saya mau nanya gan, apa yang harus kita lakukan apabila radiator mesin pendingin mengalami kerusakan. Dan kalau boleh tau apa saja yang sering rusak pada radiator ?
Biasanya apa penyebab kipas AC tidak mau muter, padahal saya sudah menggantinya dengan yang baru, sudah di servis tetapi masih saja tidak mau muter dengan stabil.
Apakah cara sistem kerja komponen mesin pendingin AC ruangan dengan lemari es (chiller) sama yah gan ?
terimakasih infonya kak, sangat bermanfaat bagi saya yang sedang belajar di mesin pendingin