Friday 8 January 2016

AC keluar air atau bunga es

  • Jika seluruh permukaan evapurator tertutup oleh bunga es kemungkinan besar blower tidak menyala sehingga tidak dapat mensirkulasikan udara disekitar evapurator, udara yang mengandung uap air disekitar evapurator karena terserap hawa panasnya oleh evapurator akan mengembun dan menempel pada sirip-sirip evapurator, embun yang seharusnya mengalir ke talang air oleh bantuan hembusan udara dari blower tidak dapat mengalir karena blower mati, embun tersebutlah yang lama kelamaan akan menjadi bunga es karena terus-menerus terserap hawa panasnya sama seperti yang terjadi pada kulkas satu pintu. Untuk mengatasinya tentu saja blower harus diperbaiki.
  • Bunga es muncul pada evapurator tetapi blower menyala normal hal ini dapat disebabkan karena evapurator kotor sehingga sirip yang berfungsi mengalirkan udara tidak dapat mengalirkan udara karena tertutup oleh kotoran yang ada pada filter udara dan evapurator. Walapun blower bekerja dengan baik tetapi jika udara tidak mengalir dapat menimbulkan bunga es. Untuk mengatasinya bersihkan evapurator dan filter udara menggunakan air bertekanan.
  • Kekurangan refrigran (freon) merupakan salah satu penyebab timbulnya bunga es sebab ketika tekanan refrigran dalam evapurator kurang mengakibatkan refrigran tidak stabil dan menimbulkan bunga es, tekanan normal untuk ac split sekitar 60 psi sampai dengan 80 psi. Ciri-ciri ac ruang yang kekurangan refrigran adalah tekanan refrigran rendah dan arus listrik rendah. Untuk mengatasi hal ini tambahkan refrigran hingga mencapai tekanan yang normal.
  • Pipa kapiler tersumbat juga dapat menimbulkan bunga es tetapi jika pipa kapiler telah tersumbat total maka ac ruang tidak akan dingin sama sekali, jadi bunga es dapat disebabkan oleh pipa kapiler yang tersumbat tetapi masih dapat mengalirkan refrigran. Bunga es terjadi dikarenakan jumlah refrigran yang masuk kedalam evapurator lebih sedikit karena terhambat oleh kotoran pada pipa kapiler sehinga refrigran tidak stabil dan menimbukan bunga es. Ciri-ciri pipa kapiler tersumbat adalah tekanan refrigran rendah dan arus listrik tinggi. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan penggantian pipa kapiler dan pembersihan sistem refrigran.
  • Oli didalam evapurator berpotensi menimbulkan bunga es sebab pipa evapurator yang seharusnya mengalirkan refrigran secara lancar tetapi karena sebagian pipa evapurator kemasukan oli menyebabkan daerah penyerapan panas tidak merata keseluruh permukaan evapurator dan menimbulkan bunga es karena penyerapan panas yang seharusnya sepanjang pipa evapurator tetapi karena sebagian kemasukan oli sehingga penyerapan pada satu titik lebih tinggi dibanding ketika normal sehingga embun yg seharusnya mengalir ke talang air malah membeku.
    Ciri-ciri evapurator kotor adalah terjadi bunga es pada evapurator yang terletak lebih tinggi sebab oli mengalir pada evapurator yang letaknya lebih rendah dan arus listrik tinggi karena penyerapan panas lebih lambat. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pembersihan evapurator.

Pilih Bahasa

Translate this page to the following language!

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Gabung Segera

Jasa Service

Jasa Service

Jumlah Pengunjung

Sukry. Powered by Blogger.